Apa itu Vlogger ? Bedakah dengan YouTuber ?

Blog Cara Ocha - Apa itu Vlogger ? Bedakah dengan YouTuber ? - Hallo guys! Selamat berkunjung kembali di blog - blogan saya ini, setelah skian lama tidak berbagi artikel lagi, pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit membahas mengenai Vlogger dan YouTuber..

Mendengar kedua istilah tersebut.. tentunya sudah tidak asing lagi bukan.. di telinga kalian ? Namun mungkinkah diantara pembaca masih ada yang belum tahu kedua istilah tersebut ?..

Masihkan diantara kalian.. bertanya - tanya ? Apa sih Vlogger itu ? Apa sih YouTuber itu ? Kedua nya sama apa berbeda ? Dan kerjaan keduanya sebagai apa sih ? Lalu apa sih yang mereka bagikan ? Konten / video apa sih yang mereka buat ? dll..

Ok.. demi menjawab rasa penasaran dan rasa ketidak tahuan kalian.. maka perjumpaan kita kali ini.. saya akan membahas kedua nya.. dan kamu sangat tepat masuk pada artikel ini, karena pertanyaan / ketidak tahuanmu akan terjawab disini, hehehe!

Ok Next.. tanpa banyak basa - basi lagi.. saat ini konten online sudah banyak menjamur dengan bentuk yang berbeda - beda.. Jika dahulu konten online banyak dibagikan dalam bentuk tulisan dan artikel.. kini bisa berupa gambar termasuk video pendek seperti di instagram, dan beberapa video panjang yang dapat dibagikan dan ditemukan di youtube, vimeo, dan vidio.com..

Banyak istilahpun bermunculan. Terutama bagi pembuat konten video atau yang disebut sebagai vlogger..


Hal ini kemudian membuat banyak orang bertanya ?


Apa itu Vlogger?


Vlogger pada dasaranya berasal dari kata vlog atau Video Log.. Istilah ini sama artinya dengan Blog.. Perbedaan yang mendasar terletak pada jenis konten yang dibagikan..

Jika blog hanya menyajikan konten tulisan dan gambar yakni berupa artikel.. Maka vlog menyajikan konten multimedia yang meliputi gambar diam, gambar bergerak, kumpulan teks, dan audio..

Sehingga bisa kita simpulkan bahwa vlog adalah konten yang isinya bebas dibuat oleh seorang konten kreator.. Konten tersebut umumnya dibuat untuk dokumentasi pribadi yang saat ini telah banyak dimanfaatkan untuk dibagikan secara online di media sosial atau internet..

Jenis konten yang dibagikan berupa video dokumentasi, video hiburan, video musik dan berbagai jenis video lainnya yang dibagikan konten kreator dengan tujuan berbagi informasi kepada orang lain..

Selanjutnya aktivitas berbagi konten vlog secara online disebut dengan aktivitas vlogging.. Dari aktivitas vlogging inilah akhirnya lahir yang namanya vlogger yang kemudian lebih umum dikenal sebagai si pembuat vlog..

Sederhananya dijabarkan seperti berikut :
  1. Vlog  : video log ( konten video yang isinya bebas sesuai dengan informasi yang ingin disampaikan si pembuat vlog.. Bisa berupa cerita pribadi, musik video, dokumentasi, dll )
  2. Vlogging  : aktivitas online yang kerjanya adalah berbagi konten video atau vlog melalui media sosial atau internet..
  3. Vlogger  : si pembuat konten vlog.. Bahasa kerennya adalah content creator..

Jadi kesimpulan yang bisa kita tarik yakni :
vlogger adalah seorang konten kreator atau pembuat vlog dan aktif secara online membagikan video - video miliknya di media sosial atau di internet..
Sampai di sini! Banyak kemudian yang bertanya apakah vlogger dapat disamakan dengan youtuber ?


Apa itu youtuber ?  Bagaimana perbedaan dan kesamaannya dengan vlogger ?

Apa itu Youtuber ?


Berbicara tentang youtuber sebenarnya kita berbicara tentang pembuat konten di youtube.. Mereka adalah orang - orang yang secara terlibat dalam aturan youtube partner dan bertanggung jawab dengan konten yang mereka bagikan di youtube..

Jadi, seorang youtuber adalah si pembuat konten vlog namun tempat mereka melakukan vlogging atau berbagi video secara online memanfaatkan platfrom youtube..

Lebih lanjut mereka disebut sebagai youtuber umumnya jika telah terkenal dan sudah mampu memiliki penghasilan dari youtube melalui aktivitas vlogging yang mereka lakukan..

Sehingga kesimpulan dasar mengenai pengertian youtuber adalah orang - orang yang terlibat dan telah bergabung bersama youtube partner.. Aktif vlogging di youtube, sudah memiliki ribuan bahkan jutaan subcriber, dan telah mampu memiliki penghasilan online dari internet melalui youtube..

Melihat ulasan di atas! Lantas Apa perbedaan dan kesamaan keduanya ?



Jika dilihat secara sepintas sebagai konten kreator atau pembuat konten vlog dan dibagikan secara online di internet.. Maka antara vlogger maupun youtuber memiliki persamaan.. Yakni sama - sama pembuat konten vlog dan sama-sama aktif vlogging membagikan vlog karya mereka ke media sosial atau internet..

Namun ketika harus melihat tempat berbagi vlog dan apa yang didapatkan.. Antara vlogger dan youtuber memiliki perbedaan khusus..

Jika seorang youtuber harus tergabung dalam program youtube partner.. Dan umumnya membagikan vlog melalui youtube dengan tujuan memamerkan bakat, kreativitas, membuat video diary untuk fans, termasuk untuk menghasilkan uang.. Juga memanfaatkan media sosial youtube..

Maka vlogger adalah orang yang membuat vlog tanpa terlalu memperhatikan tujuan menghasilkan uang ternasuk tanpa harus tergabung dengan youtube partner..

Seorang  vlogger membagikan vlog yang telah dibuatnya secara online melalui internet secara bebas tanpa harus terikat aturan tertentu seperti mengikuti peraturan youtube partner..

Sehingga secara sederhana antara youtuber dan vlogger bisa dibilang berbeda.. Terutama pada platfrom yang digunakan oleh keduanya.. Jika seorang youtuber berfokus untuk membagikan konten videonya secara online hanya melalui youtube, maka vlogger lebih bebas untuk membagikan videonya secara online di mana saja yang dikehendakinya termasuk membagikan vlog dalam blog atau website pribadi..

Jadi, seorang youtuber bisa dan dapat kita sebut sebagai vlogger namun seorang vlogger belum tentu bisa kita sebut sebagai seorang youtuber.. Keduanya memiliki beberapa kesamaan jika dilihat dari sudut pandang sebagai content creator.. namun jika dilihat dari media sharing yang digunakan termasuk apa yang didapatkan antara youtuber dan vlogger adalah berbeda..

Inti dari keduanya berbeda tapi sama, sama tapi berbeda.. ngerti kan maksud nya ?.. jika masih belum ngerti / faham.. coba baca ulang.. tapi jika malas membaca nya.. silahkan tonton aja video nya di bawah ini!





Before you continue reading, it is necessary to underline that what is written is only a reference! so if there are errors in words and delivery methods, please understand! and below the recommendation article for you!


Content Disclaimer!

  • I as the owner of "BlogCaraOcha" thank you to all loyal readers, and those who accidentally stopped by here.

    And I apologize if there are many advertisements on the homepage or in the post.

    After "BlogCaraOcha" is accepted as a Google publisher, Google automatically places all advertisements.

  • If the content on "BlogCaraOcha" has similarities with other sites or blogs, it only provides a reference to each other by spreading the word in a simple article.

    With the aim, all internet visitors can easily and freely which if the article is easy to understand.

    In addition, so that readers can easily find what is on the search, with content that can provide content in surfing the internet!

  • All images posted in the article are not 100% owned by "BlogCaraOcha" but are taken from Google Search.

    So if there are similarities with the images on other sites, it is only for illustration only (to decorate the storyline as outlined in the article).

    For some of the images here, they are purely self-created, with the same purpose as illustration only.

    However, if there are inappropriate images and ask to be removed, please provide more detailed information via the contact at "BlogCaraOcha"

  • For content that discusses the product review or tutorial, if there are errors, please be advised that it may be an error in typing words or lacking in detail reviewing.

    So if there are typos and results that are not appropriate, can provide input where the location of the error or lack, so that the content is immediately deleted or corrected.

    But before submitting, try to see between the date / year the post was published with the current date / year.

    Because it could be other times what the written policy has changed.
  • '