Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Jenazah

DP BBM 23 - Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Jenazah - selamat pagi dan selamat berjumpa kembali sahabat blog DP BBM 23 semuanya .. setelah tadi membahas dan berbagi mengenai Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Istikharah dikesempatan yang ke tigakali nya ini admin akan sedikit membahas mengenai Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Jenazah langsung saja untuk lebih jelasnya simak dibawah ini :

Catatan :

Postingan Ini saya ambil dari salah satu blog saya yang sudah lama tidak di pakai dan sudah tidak dipergunakan lagi .. dan sebagian isi postingan dari sana ( http://oon23.blogspot.com ).. yang berada dalam label Tata Cara Sholat dan label Surat Al-Qur'an & Do'a .. saya pindah kesini secara manual .. dan sebagian lagi saya ambil dari blog saya ( www.catatan-ocha.com ) yang udah lama mati antara sekitar tahun 2011 - 2013 .. dan file sudah di back-up tersimpan di Google Drivejika masih punya banyak waktu akan saya share di sini juga .. Insyallah


Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Jenazah - kali ini admin posting tentang tata cara, niat dan doa sholat jenazah .. Salat Jenazah adalah jenis salat yang dilakukan untuk jenazah muslim .. Setiap muslim yang meninggal baik laki - laki maupun perempuan wajib disalati oleh muslim yang masih hidup .. dengan status hukum fardhu kifayah ..



Nabi Muhammad tidak pernah mau menyalatkan jenazah yang meninggal masih memiliki hutang dan mati karena bunuh diri .. tetapi wajib disalatkan oleh umatnya atau masyarakat umum .. Shalat jenazah boleh dikerjakan di masjid atau di kuburan .. Menurut kitab tanwirul qulub apabila mayatnya itu laki laki posisi kepala berada di selatan dan mayat perempuan posisi kepala di sebelah utara ..

Baca Juga ;


Untuk mayat laki laki imam berdiri tepat ke arah kepala mayat .. dan untuk mayat perempuan imam berdiri menghadap ke pinggang mayit .. Jadi kalau mayat wanita kepalanya ada di sebelah kanan imam .. Jika terdapat keluarga atau muslim lain yang meninggal di tempat yang jauh sehingga jenazahnya tidak bisa dihadirkan maka dapat dilakukan salat ghaib atas jenazah tersebut .. Pelaksanaannya serupa dengan salat jenazah .. perbedaan hanya pada niat salatnya ..

Syarat Sholat Jenazah


  • Orang yang melakukan sholat jenazah harus memenuhi syarat sah salat pada umumnya .. Misalnya yaitu menutup aurat .. suci dari hadas ...menghadap kiblat dll ..
  • Jenazah yang akan dishalati harus sudah dimandikan serta dikafani ..
  • Jenazah diletakkan disebelah mereka yang akan menyolati .. kecuali jika dilaksanakan di atas kubur atau salat ghaib ..

Berikut Tata Cara dan Bacaan Do'a Sholat Jenazah silahkan simak dibawah ini :

Bacaan niat shalat jenazah


Niat shalat jenazah .. boleh dilafadzkan bagi yang suka .. bagi yang tidak suka .. cukup dalam hati saja ..

اُصَلِّي علي هذا الَميّتِ ِلله تعالي

Ushallii 'alaa haadzal mayyiti lillaahi ta'aala ..

Artinya : Aku niat menshalatkan mayyit ini .. karena Allah Ta'aala

Lafadz هذا الَميّتِ / haadzal mayyiti .. diganti denga هذه الَميّتِة / haadzihil mayyitati jika mayatnya perempuan ..

Bacaan setelah takbir pertama


Setelah takbir pertama .. bacaan yang dibaca adalah surat Al Fatihah. .. Menurut qoul ulama fiqih yang shahih .. bacaan Fatihah dalam shalat jenazah tidak diawali dengan bacaan iftitah dan tidak disertai membaca surat pendek setelahnya ... seperti halnya shalat pada umumnya ..

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Bismillahirrahmanirrahim

Artinya : Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang ..

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Alhamdulillahi rabbil alamin ..

Artinya : Segala puji bagi Allah .. Tuhan semesta alam

الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم

Arrahmaanirrahiim ..

Artinya : Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ

Maaliki yaumiddiin ..

Artinya : Yang penguasai di Hari Pembalasan

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

Iyyaka nabudu waiyyaaka nastaiin ..

Artinya : Hanya Engkaulah yang kami sembah .. dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan ..

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

Ihdinashirratal mustaqim ..

Artinya : Tunjukilah kami jalan yang lurus ..

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghduubi alaihim waladhaalin ..

Artinya : ( yaitu ) Jalan orang - orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka ; bukan ( jalan ) mereka yang dimurkai dan bukan ( pula jalan ) mereka yang sesat ..

Bacaan setelah takbir kedua


Bacaan setelah takbir kedua yaitu membaca shalawat kepada Nabi ..

أللهم صَلِّ علي محمد وعلي ألِ محمد كما صَلَيْتَ علي إبراهيم وعلي أل إبراهيم وبارِكْ علي محمد وعلي أل محمد كما باركت علي إبراهيم وعلي أل إبراهيم في العالمين إنك حميد مجيد

Allaahumma shalli 'alaa muhammadin .. wa 'alaa aali muhammadin .. kamaa shallaita 'alaa ibraahiima .. wa 'alaa aali ibraahiima .. Wa baarik 'alaa muhammadin .. wa 'alaa aali muhammadin .. kamaa baarakta 'alaa ibraahiima .. wa 'alaa aali ibraahiima .. Fil 'aalamiina innaka hamiidum majiid ..

Artinya : “Ya Allah, berilah rahmat kepada Muhammad dan keluarganya .. sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya .. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung .. Berilah berkah kepada Muhammad dan keluarganya ( termasuk anak dan istri atau umatnya ) .. sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarganya .. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung ..”

Bacaan setelah takbir ke tiga


Setelah takbir ke tiga .. membaca doa di bawah ini :

اللهم اغْفِرْ لَهُ وارْحَمهُ وعافِهِ واعفُ عنه وأَكْرِمْ نُزولَهُ ووسِّعْ مَدخلَهُ واغْسِلْهُ بِماءٍ وثَلْج وبَرَدٍ ونَقِهِ من الخَطايا كما يُنَقَي الثَوبُ الأَبْيَضُ مِنِ الدَنَسِ وأَبْدِلْهُ دارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وأَهْلًا خَيْراً من أهلِهِ وَزَوْجًا خَيْراً مِن زَوْجِهِ وَقِهِ فِتْنَةَ القَبْرِ وعَذَابَ النارِ

Allaahummaghfirlahu .. warhamhu .. wa 'aafihi .. wa'fu 'anhu .. wa akrim nuzuulahu .. wa wassi' madkhalahu .. waghsilhu bimaa-in watsaljin wabaradin .. wanaqqihi minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minaddanasi .. wa abdilhu daaran khairan min daarihi .. wa ahlan khairan min ahlihi .. wa zaujan khairan min zaujihi .. waqihi fitnatal qabri wa 'adzaabannaar ..

Artinya : Ya Allah, ampunilah dia .. rahmatilah dia .. maafkanlah dia .. ampunilah kesalahannya .. muliakanlah kematiannya .. lapangkanlah kuburannya .. cucilah kesalahannya dengan air .. es dan embun sebagaimana mencuci pakaian putih dari kotoran .. gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik .. gantilah keluarganya dengan keluarga yang lebih baik .. gantilah istrinya dengan isri yang lebih baik .. hindarkanlah dari fitnah kubur dan siksa neraka ..

Bacaan setelah takbir ke empat


Setelah takbir ke empat .. membaca doa di bawah ini :

اللهُمّ لاتَحرِمْنا أَجْرَهُ ولاتَفْتِنّا بَعدَهُ

Allaahumma laa tahrimnaa ajrahu .. walaa taftinnaa ba'dah

Artinya : Ya Allah, janganlah Engkau haramkan Kami dari pahalanya .. dan janganlah Engkau beri fitnah pada kami setelah kematiannya ..

Bacaan salam


Setelah membaca doa takbir ke empat .. bacalah salam ..

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalaamu 'alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh

Artinya : "Keselamatan, rahmat Allah dan keberkahan-Nya semoga untuk kalian semua"

Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Istikharah
DP BBM 23 - Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Istikharah - selamat dini hari dan selamat berjumpa kembali sahabat blog DP BBM 23 semuanya .. setelah tadi membahas dan berbagi mengenai Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Hajat dikesempatan kali ini akan admin ulas sedikit mengenai Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Istikharah langsung saja untuk lebih jelasnya simak dibawah ini...View More

Demikianlah Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Jenazah yang dapat saya sampaikan .. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dalam mencari tahu tata cara sholat jenazah lengkap ..

Baca Juga :



Before you continue reading, it is necessary to underline that what is written is only a reference! so if there are errors in words and delivery methods, please understand! and below the recommendation article for you!


Content Disclaimer!

  • I as the owner of "BlogCaraOcha" thank you to all loyal readers, and those who accidentally stopped by here.

    And I apologize if there are many advertisements on the homepage or in the post.

    After "BlogCaraOcha" is accepted as a Google publisher, Google automatically places all advertisements.

  • If the content on "BlogCaraOcha" has similarities with other sites or blogs, it only provides a reference to each other by spreading the word in a simple article.

    With the aim, all internet visitors can easily and freely which if the article is easy to understand.

    In addition, so that readers can easily find what is on the search, with content that can provide content in surfing the internet!

  • All images posted in the article are not 100% owned by "BlogCaraOcha" but are taken from Google Search.

    So if there are similarities with the images on other sites, it is only for illustration only (to decorate the storyline as outlined in the article).

    For some of the images here, they are purely self-created, with the same purpose as illustration only.

    However, if there are inappropriate images and ask to be removed, please provide more detailed information via the contact at "BlogCaraOcha"

  • For content that discusses the product review or tutorial, if there are errors, please be advised that it may be an error in typing words or lacking in detail reviewing.

    So if there are typos and results that are not appropriate, can provide input where the location of the error or lack, so that the content is immediately deleted or corrected.

    But before submitting, try to see between the date / year the post was published with the current date / year.

    Because it could be other times what the written policy has changed.
  • '