Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Tarawih

DP BBM 23 - Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Tarawih - selamat pagi dan selamat berjumpa kembali sahabat setia pembaca blog DP BBM 23 semuanya .. setelah tadi membahas dan berbagi mengenai Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Jenazah dikesempatan pagi ini .. kita beralih membahas soal sholat tarawih .. yang dimana tinggal beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan suci ramadhan .. sebagai umat muslim / islam diwajibkan untuk berpuasa dan melaksanakan sholat tarawih .. adapun tata cara dan do'a nya sebagai berikut :

Catatan :

Postingan Ini saya ambil dari salah satu blog saya yang sudah lama tidak di pakai dan sudah tidak dipergunakan lagi .. dan sebagian isi postingan dari sana ( http://oon23.blogspot.com ).. yang berada dalam label Tata Cara Sholat dan label Surat Al-Qur'an & Do'a .. saya pindah kesini secara manual .. dan sebagian lagi saya ambil dari blog saya ( www.catatan-ocha.com ) yang udah lama mati antara sekitar tahun 2011 - 2013 .. dan file sudah di back-up tersimpan di Google Drivejika masih punya banyak waktu akan saya share di sini juga .. Insyallah


Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Tarawih - Sholat Tarawih ( kadang - kadang disebut teraweh atau taraweh ) adalah sholat yang dikerjakan pada bulan ramadhan .. dan mengerjakan sholat tarawih adalah suatu hal yang dianjurkan ( sunnah ) yang dilakukan khusus hanya pada bulan ramadhan .. Waktu pelaksanaan salat sunnat ini adalah selepas isya’, .. bisa dilakukan secara individu ataupun secara berjama’ah di masjid ..



Namun sebelumnya harus tahu dulu berapa jumlah rakaat shalat tarawih tersebut .. Orang muslim tentunya sudah tahu bahwasanya islam itu mempunyai 4 mazhab yaitu Mazhab Imam Syafi'i ( Asy-Syafi'iyah ) .. Imam Maliki ( AlMalikiyah ) .. Imam Hambali ( Al-Hanabilah ) .. Dan Imam Hanafi ( Al-Hanafiyah) .. Meskipun imam yang empat ini semuanya mempunyai pendapat masing - masing seperti dalam melaksanakan wudlu dan pembatalan wudlu ...Namun dalam hal shalat tarawih ini beliau semua menyepakatkan bahwasanya shalat tarawih itu jumlah rakaatnya harus 20 rakaat .. Namun Umar bin Abdul Aziz sebagai khalifah dari Bani umayyah di damaskus menjalankan shalat tarawih dengan 36 rakaat. Dan Ibnu Taimiyah menjalankan 40 rakaat ..

Baca Juga :


Adapun tata cara bacaan doa shalat sunnat taraweh surat yang dibaca sesudah Al Fatihah pada tiap2 rakaat boleh surat apa saja yang dikehendaki .. tetapi diutamakan pada setiap rakaat yang kedua sesudah membaca surat Al-Fatihah membaca surat-surat pendek seperti surat Al-Ikhlas ..

Bacaan Lafadz Niat Sholat Tarawih


ﺃُﺻَﻠِّﻲْ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟﺘَّﺮَﺍﻭِﻳْﺢِ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻣُﺴْﺘَﻘْﺒِﻞَ ﺍﻟْﻘِﺒْﻠَﺔِ ﻟِﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

"Ushalli sunnatat taraawiihi rak'ataini mustaqbilal qiblati imaman lillahi ta'aalaa"

Artinya : "Aku berniat Sholat Tarawih dua rakaat dengan menghadap qiblat menjadi imam karena Allah Ta'ala"

Bila sholat witir sebagai makmum maka gantilah lafadz إَِماًماِ ( imaman ) .. menjadi مأُْموًماِ ( makmuman ) ..

Pada saat sholat tarawih berjamaah dimasjid tentunya sudah tidak asing lagi pasti ada yang menjadi bilal tarawih .. Bacaan bilal tarawih di bawah ini merupakan bacaan bilal shalat tawarih 20 rakaat + 3 rakaat shalat witir atau sering disebut bacaan bilal shalat tarawih 23 rakaat .. Dimana pada setiap 4 rakaat shalat tarawih akan dibacakan bacaan bilal dan pada rokaat terakhir atau rakaat 20 shalat tarawih .. maka akan membaca doa shalat tarawih .. yang kemudian di susul dengan shalat witir 3 rakaat ..

Bacaan pertama : ketika hendak melakukan shalat tarawih

صلّواسنة التراويح ركعتين جماعة رحم كم الله،
اللهم صل على محمد (2ء )
اللهم صل على سيدنا ومولا نامحمد

Bacaan Bilal Tarawih : Rakaat 1- 4

الخليفة الاولى امير المؤ منين سيدنا ابو بكر الصديق. اللهم صل على محمد (2ء)
اللهم صل على سيدنا ومولا نامحمد

Alkhooliifatul uulaa amiirul mu’miniina sayyiduna abuu bakri nissiddiikh ..
Allahumma sholli ‘alaa muhammad ( 2x ) ..
Allhumma sholli ‘alaa sayyidinaa wamaulaanaa muhammad ..

Bacaan Bilal Tarawih : Rakaat 5 – 8

الخليفة الثانية امير المؤ منين سيدناعمر ابن الخطاب.
اللهم صل على محمد (2!
اللهم صل على سيدنا ومولا نامحمد

Alkhooliifatuts tsaani amiirul mu’miniina sayyidunaa umar ibnu khottaab ..
Allahumma sholli ‘alaa muhammad ( 2x ) ..
Allhumma sholli ‘alaa sayyidinaa wamaulaanaa muhammad ..

Bacaan Bilal Tarawih : Rakaat 9 – 12

الخليفة الثالثة اميرالمؤمنين سيدنا عثمان ابن عفان.
اللهم صل على محمد (2
اللهم صل على سيدنا ومولا نامحمد

Alkhooliifatuts tsaalisata amiirul mu’miniina sayyidunaa usman ibnu affan ..
Allahumma sholli ‘alaa muhammad ( 2x ) ..
Allhumma sholli ‘alaa sayyidinaa wamaulaanaa muhammad ..

Bacaan Bilal Tarawih : Rakaat 13 – 16

الخليفة الرابعة اميرالمؤمنين سيدناعلى ابن ابى طالب.
اللهم صل على محمد (2
اللهم صل على سيدنا ومولا نامحمد

Alkhooliifatur raabi’ata amiirul mu’miniina sayyidunaa ‘ali ibnu abi thoolib ..
Allahumma sholli ‘alaa muhammad ( 2x ) ..
Allhumma sholli ‘alaa sayyidinaa wamaulaanaa muhammad ..

Doa Setelah Shalat Tarawih ( Doa Kamilin )


bismillah.gif?w=640
Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Penyayang


اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْاِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لَوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَاِلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَاِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَمِنْ حُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِاَكْوَابٍ وَّاَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ اُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلاَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه اَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Artinya : Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang Yaa Allah .. jadikanlah kami orang - orang yang sempurna imannya .. yang melaksanakan kewajiban - kewajiban terhadap-Mu .. yang memelihara shalat .. yang mengeluarkan zakat .. yang mencari apa yang ada di sisi-Mu .. yang mengharapkan ampunan-Mu .. yang berpegang pada petunjuk .. yang berpaling dari kebatilan .. yang zuhud di dunia .. yang menyenangi akherat .. yang ridha dengan ketentuan .. yang ber¬syukur atas nikmat yang diberikan .. yang sabar atas segala musibah .. yang berada di bawah panji - panji junjungan kami .. Nabi Muhammad .. pada hari kiamat .. sampai kepada telaga ( yakni telaga Nabi Muhammad ) yang masuk ke dalam surga .. yang duduk di atas dipan kemuliaan .. yang menikah de¬ngan para bidadari .. yang mengenakan berbagai sutra .. yang makan makanan surga .. yang minum susu dan madu yang murni dengan gelas .. cangkir .. dan cawan bersama orang - orang yang Engkau beri nikmat dari para nabi .. shiddiqin ...syuhada dan orang - orang shalih .. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan ( anugerah ) dari Allah .. dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui ..

Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini tergolong orang - orang yang bahagia dan diterima amalnya .. dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang - orang yang celaka dan ditolak amalnya .. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas penghulu kita Muhammad .. keluarga beliau dan shahabat beliau semuanya .. berkat rahmat-Mu .. oh Tuhan, Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam ..


Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Jenazah
DP BBM 23 - Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Jenazah - selamat pagi dan selamat berjumpa kembali sahabat blog DP BBM 23 semuanya .. setelah tadi membahas dan berbagi mengenai Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Istikharah dikesempatan yang ke tigakali nya ini admin akan sedikit membahas mengenai Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Jenazah langsung saja untuk lebih jelasnya simak dibawah ini..View More

Demikianlah Bacaan Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Tarawih yang dapat saya bagikan .. semoga dapat membantu anda dalam menyempurnakan amaliyah dibulan ramadhan tahun ini dan tahun - tahun selanjutnya .. Aamiin

Baca Juga :



Before you continue reading, it is necessary to underline that what is written is only a reference! so if there are errors in words and delivery methods, please understand! and below the recommendation article for you!


Content Disclaimer!

  • I as the owner of "BlogCaraOcha" thank you to all loyal readers, and those who accidentally stopped by here.

    And I apologize if there are many advertisements on the homepage or in the post.

    After "BlogCaraOcha" is accepted as a Google publisher, Google automatically places all advertisements.

  • If the content on "BlogCaraOcha" has similarities with other sites or blogs, it only provides a reference to each other by spreading the word in a simple article.

    With the aim, all internet visitors can easily and freely which if the article is easy to understand.

    In addition, so that readers can easily find what is on the search, with content that can provide content in surfing the internet!

  • All images posted in the article are not 100% owned by "BlogCaraOcha" but are taken from Google Search.

    So if there are similarities with the images on other sites, it is only for illustration only (to decorate the storyline as outlined in the article).

    For some of the images here, they are purely self-created, with the same purpose as illustration only.

    However, if there are inappropriate images and ask to be removed, please provide more detailed information via the contact at "BlogCaraOcha"

  • For content that discusses the product review or tutorial, if there are errors, please be advised that it may be an error in typing words or lacking in detail reviewing.

    So if there are typos and results that are not appropriate, can provide input where the location of the error or lack, so that the content is immediately deleted or corrected.

    But before submitting, try to see between the date / year the post was published with the current date / year.

    Because it could be other times what the written policy has changed.
  • '