Interpretasi Makna Dibalik Lagu Imagine Dragons ~ Bad Liar

Blog Cara ocha

Blog Cara Ocha — Terkadang membuat pengakuan itu susah. Apalagi dalam sebuah kasus percintaan. Ehem. Namun tidak untuk Reynolds (vokal), Wayne Sermon (gitar), Ben McKee (bass) dan Daniel Platzman (drum) yang tergabung dalam Imagine Dragons, grup musik pengusung aliran alternative rock, pop rock, electronic rock, indie rock, pop, electropop, lewat lagu mereka yang berjudul Bad Liar.

Bad Liar adalah lagu terbaru dari album studio keempat Imagine Dragons bertajuk Origins. Lagu tersebut dirilis sebagai single pada 6 November 2018, tiga hari sebelum album Origins resmi keluar ke publik 9 November 2018.

Sebelum Bad Liar, sudah ada 3 single yang terlebih dahulu terbit yaitu Natural (dirilis 17 Juli 2018), Zero (19 September 2018) yang merupakan OST film Ralph Breaks the Internet (2018), dan Machine (31 Oktober 2018) yang langsung lengket di kuping para penggemar band yang berasal dari Las Vegas, Amerika Serikat ini.

Lagu yang merupakan track kelima di album Origins ini dibesut dengan nuansa yang lebih condong ke electronic pop dibanding lagu-lagu lain di album Origins, misalnya saja Natural yang kental dengan aroma alternatif rock. Atau jika mau dibandingkan dengan lagu Demons dari album Night Visions (2012) yang sama-sama berat dalam liriknya, atmosfer rock pada lagu Demons masih terasa sekali sedangkan aransemen Bad Liar yang dipenuhi olahan suara synthesizer terdengar manis di telinga tetapi sangat menyayat-nyayat di relung hati.

Verse berisi lantunan suara berat diselingi falsetto Dan Reynolds membuka tembang yang menempati urutan ke-79 di Billboard Hot 100 ini. Suara sang vokalis kemudian terdengar lebih powerful di pre-chorus dan meledak penuh emosi pada chorus.

Ketika sampai di bagian bridge, lagi-lagi vokalis berusia 31 tahun itu memanjakan telinga pendengar dengan falsetto-nya yang melagukan perlahan .."I can't breathe/I can't be/I can't be what you want me to be/believe me this one time/believe me.." (ku tak bisa bernafas/ku tak bisa menjadi/ku tak bisa menjadi apa yang kau inginkan/percayalah padaku sekali ini saja/percayalah padaku...).

Bad Liar menceritakan tentang sebuah hubungan asmara yang telah hambar, mengarah kepada kegagalan dan dirasa sudah tidak bisa lagi dipertahankan. Dan Reynolds pun mengungkap kalau lagu ini memaparkan tentang keadaan biduk rumahtangganya yang sedang dilanda turbulensi alias tengah sorong ke kiri sorong ke kanan dihempas dari atas ditekan dari bawah mirip ketika naek roller-coaster. Menurut sang vokalis, ia tidak bisa lagi berpura-pura menutupi kalo semuanya baik-baik saja padahal di dalamnya (hubungan ia dan sang istri) berantakan.

Usut punya usut, ternyata penulisan lagu Bad Liar melibatkan istri dari Dan Reynolds sendiri yang juga musisi bernama Aja Volkman sebelum mereka akhirnya memutuskan untuk berpisah. Selain itu, dalam lagu ini sang istri yang cantik juga ikut menyumbangkan suara sebagai backing vocal.

Imagine Dragons mulai menyita perhatian dunia musik lewat album pertama mereka bertajuk Night Visions (2012) dengan single-nya Radioactive yang berhasil nangkring di nomer 3 tangga lagu Billboard Hot 100 di tahun 2013 dan menggondol Grammy Award tahun 2014 untuk kategori Best Rock Performance.

Single lainnya dari album yang sama, Demons, juga berhasil mencapai nomer 6 di Billboard Hot 100 di tahun yang sama. Sebagai bukti bahwa band ini tidak main-main, album Night Visions akhirnya menyabet Billboard Music Awards tahun 2014 untuk kategori Top Rock Album.

Mei 2018 lalu album ketiga mereka Evolve (dirilis 2017) berhasil meraih Billboard Music Awards lagi-lagi sebagai Top Rock Album.

Blog Cara ocha

Lagu “Bad Liar” pada dasarnya menceritakan tentang vokalis Imagine Dragons (Dan Reynold), yang secara lapang dada mengakui semua kesalahan yang ia lakukan pada kekasihnya. Dalam lirik lagunya sendiri, terlihat dengan jelas bahwa Reynold dengan lapang dada mengakui semua kesalahanya, mengakui bahwa ia adalah seorang pembohong, mengakui bahwa ia sering menimbulkan masalah dsb.

Dari rumor yang berkembang sih, kabarnya semua pengakuan Reynold yang tertulis di dalam lagu ini, untuk membujuk mantan istria Aja Volkman agar mereka berdua bisa rujuk kembali. Hmmhh lagu yang sangat menarik, karena walau bagaimanapun sebuah pengakuan tentang kesalahan itu menurutku sangat keren karena kebanyakan orang biasanya malu dan gengsi dalam mengakui kesalahan, apalagi jika itu menyangkut hubungan percintaan.

Oke untuk lebih jelasnya lagi tentang bagai mana makna detail dari lagu ini, mari kita interpretasi dan maknai secara keseluruhan lirik lagunya. Baca sampai habis ya!.

Berikut ini arti serta terjemahan dari lirik lagu Imagine Dragons yang berjudul Bad Liar agar kamu bisa lebih memahami maknanya saat mendengarkan.

Untuk diketahui bahwa terjemahan ini BUKAN merupakan arti HARFIAH dikarenakan banyaknya kalimat kiasan/metafor/perumpamaan dalam bahasa Inggris yang apabila diartikan secara harfiah akan berkesan aneh dan kaku.
Lirik ( Bad Liar — Imagine Dragons )

Oh, hush, my dear, it's been a difficult year
And terrors don't prey on
Innocent victims
Trust me, darling, trust me darling
It's been a loveless year
I'm a man of three fears
Integrity, faith and
Crocodile tears
Trust me, darling, trust me, darling

So look me in the eyes
Tell me what you see
Perfect paradise
Tearing at the seams
I wish I could escape
I don't wanna fake it
Wish I could erase it
Make your heart believe
But I'm a bad liar, bad liar
Now you know
Now you know
I'm a bad liar, bad liar
Now you know, you're free to go (go)

Did all my dreams never mean one thing?
Does happiness lie in a diamond ring?
Oh, I've been askin'
Oh, I've been askin' for problems, problems, problems
I wage my war, on the world inside
I take my gun to the enemy's side
Oh, I've been askin' for (trust me, darling)
Oh, I've been askin' for (trust me, darling)
Problems, problems, problems

So look me in the eyes
Tell me what you see
Perfect paradise
Tearing at the seams
I wish I could escape
I don't wanna fake it
Wish I could erase it
Make your heart believe

But I'm a bad liar, bad liar
Now you know
Now you know
That I'm a bad liar, bad liar
Now you know, you're free to go

I can't breathe, I can't be
I can't be what you want me to be
Believe me, this one time
Believe me

I'm a bad liar, bad liar
Now you know
Now you know
That I'm a bad liar, bad liar
Now you know, you're free to go

Oh
Please believe me
Please believe me

Interpretasi Makna Dibalik Lagu Imagine Dragons ~ Bad Liar

Verse 1:
Oh, hush, my dear, it's been a difficult year
Oh, hush, sayangku, ini tahun yang sulit

And terrors don’t prey on innocent victims
Dan teror tak memangsa korban tak berdosa

Trust me, darlin', trust me darlin'
Percayalah padaku, sayang, percayalah padaku

It’s been a loveless year
Ini adalah tahun tanpa cinta

I'm a man of three fears:
Aku lelaki yang terbentuk (dari) tiga rasa takut

Integrity, faith, and crocodile tears
Integritas, kesetiaan, dan air mata buaya

Trust me, darlin', trust me, darlin'
Percayalah padaku, sayang, percayalah padaku



Lirik “difficult year” mengacu pada tahun-tahun perceraian DanReynold dengan Aja Volkman, sehingga menjadikan tahun tersebut sebagai tahun yang sangat sulit bagi mereka berdua karena banyak konflik di dalamnya. Di lirik ini, Reynold  kemudian mengakui bahwa ia adalah pria yang sangat buruk karena ia punya sikap tak integritas, tak setia, dan selalu menampilkan air mata buaya (air mata palsu/air mata yang tak tulus dsb)

Pre-chorus:
So look me in the eyes (Eyes), tell me what you see (You see)
Maka tataplah mataku, katakan apa yang kau lihat

Perfect paradise (—Dise), tearin' at the seams (Seams)
Surga sempurna, kurobek bekas luka jahitannya

I wish I could escape it (Escape), I don't wanna fake it
Andai aku bisa lepas, aku tak ingin pura-pura

Wish I could erase it (Erase), make your heart believe
Andai aku bisa menghapusnya, membuat hatimu percaya



Andai saja Reynold berkata jujur dengan mengakui semua kesalahanya, mungkin ia takkan menyesal seperti sekarang ini. lirik “I don't wanna fake it” seolah menyiratkan bahwa Reynold berjanji untuk tak berpura-pura, untuk tak berbohong lagi, pada kekasihnya. karena kedepanya, ia hanya ingin menjadi seorang yang jujur mengatakan apa adanya, sehingga kekasihnya dapat mempercayainya lagi.

Chorus:
But I'm a bad liar, bad liar
Tapi aku pembohong yang buruk, pembohong yang buruk

Now you know, now you know
Kini kau tahu, kini kau tahu

I'm a bad liar, bad liar
Aku seorang pembohong yang buruk

Now you know, you’re free to go
Kini kau tahu, kau bebas pergi



Dengan mengakui semua kesalahan dan berusaha jujur pada kekasinya, membuat Reynold merasa bahwa ia adalah pembohong yang buruk. Pembohong yang baik adalah pembohong yang tak mengakui kebohonyanya, sedang pembohong yang buruk adalah pembohong yang mengakui segala kesalahanya, begitulah analogi tepatnya.

Verse 2:
Did all my dreams never mean one thing?
Apakah semua mimpiku tak pernah ada artinya?

Does happiness lie in a diamond ring?
Apakah kebahagiaan ada di cincin berlian?

Oh, I’ve been askin' for—
Oh, selama ini aku meminta

Oh, I’ve been askin' for problems, problems, problems
Oh, selama ini aku meminta masalah, masalah, masalah

I wage my war, on the world inside
Kulancarkan perangku, di dalam hati

I take my gun to the enemy's side
Kuarahkan senapanku ke sisi musuh

Oh, I've been askin’ for— (Trust me, darlin')
Oh, selama ini aku meminta (percayalah padaku, sayang)

Oh, I've been askin' for (Trust me, darlin') problems, problems, problems
Oh, selama ini aku meminta (percayalah padaku, sayang), masalah



Lirik “Cincin berlian” merupakan symbol dari pernikahan Reynold dan Aja Volkman. Disini dijelaskan bahwa sebuah cincin pernikahan taka da artinya karena Reynold seolah bersikap tak baik dengan menimbulakan masalah yang membuat mereka berdua bererai.

Bridge:
I can't breathe, I can't be
Aku tak bisa bernafas, aku tak bisa menjadi

I can't be what you want me to be
Aku tak bisa menjadi yang kau inginkan

Believe me, this one time
Percayalah, kali ini saja

Believe me
Percayalah padaku



Dengan mengakui segala kesalahan dan tingkahlaku burunya, Reynold merasa bahwa ia buakanlah pria yang Aja Volkman inginkan. Jadi Reynold hanya berharap bahwa pengakuan dan kejujuranya teersebut dapat dipercaya oleh Aja. “”Percayalah padaku, aku sudah jujur dan mengakui segala salahku, jadi percayalah padaku” begitulah analoginya.

Lirik ( Bad Liar — Imagine Dragons )

Oh, hush, my dear, it's been a difficult year
And terrors don't prey on
Innocent victims
Trust me, darling, trust me darling
It's been a loveless year
I'm a man of three fears
Integrity, faith and
Crocodile tears
Trust me, darling, trust me, darling

So look me in the eyes
Tell me what you see
Perfect paradise
Tearing at the seams
I wish I could escape
I don't wanna fake it
Wish I could erase it
Make your heart believe
But I'm a bad liar, bad liar
Now you know
Now you know
I'm a bad liar, bad liar
Now you know, you're free to go (go)

Did all my dreams never mean one thing?
Does happiness lie in a diamond ring?
Oh, I've been askin'
Oh, I've been askin' for problems, problems, problems
I wage my war, on the world inside
I take my gun to the enemy's side
Oh, I've been askin' for (trust me, darling)
Oh, I've been askin' for (trust me, darling)
Problems, problems, problems

So look me in the eyes
Tell me what you see
Perfect paradise
Tearing at the seams
I wish I could escape
I don't wanna fake it
Wish I could erase it
Make your heart believe

But I'm a bad liar, bad liar
Now you know
Now you know
That I'm a bad liar, bad liar
Now you know, you're free to go

I can't breathe, I can't be
I can't be what you want me to be
Believe me, this one time
Believe me

I'm a bad liar, bad liar
Now you know
Now you know
That I'm a bad liar, bad liar
Now you know, you're free to go

Oh
Please believe me
Please believe me

Kesimpulan:

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, jelaslah bahwa lagu “Bad Liar” pada dasarnya menceritakan tentang vokalis Imagine Dragons (Dan Reynold), yang secara lapang dada mengakui semua kesalahan yang ia lakukan pada kekasihnya. Dalam lirik lagunya sendiri, terlihat dengan jelas bahwa Reynold dengan lapang dada mengakui semua kesalahanya, mengakui bahwa ia sering menimbulkan masalah dsb.

Dengan mengakui semua kesalahan dan berusaha jujur pada kekasinya, membuat Reynold merasa bahwa ia adalah pembohong yang buruk. Pembohong yang baik adalah pembohong yang tak mengakui kebohonyanya, sedang pembohong yang buruk adalah pembohong yang mengakui segala kesalahanya, begitulah analogi tepatnya. Reynol dalam lagu ini juga berharap bahwa semua pengakuan dan kejujuranya dapat diterima oleh kekasihnya, dapat dipercayai oleh kekasihnya.

Yang dapat kita pelajari dari lagunya:

Banyak orang tak mengakui kesalahanya karena termakan ego dan gengsi. Kita terlalu gengsi untuk minta maaf saat berbuat salah. Terlalu malu untuk mengakui diri ini punya kesalahan. Padahal orang lain kadang kala bisa lebih menghargai kita bila kita mau mengakui kesalahan daripada hanya pura-pura sempurna.

Lagu ini mengajarkan kita untuk mengakui semua kesalahan, berusaha jujur. Karena mengakui diri kita salah, bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. Kita tak bisa memakai topeng dan pura-pura jadi pribadi yang paling sempurna. Padahal dalam kenyataannya kita punya banyak sekali kesalahan dan kekurangan dalam diri.

Jadi untukmu yang suka berbohong, suka berbuat salah pada kekasihnmu, akuilah semua kesalahan tersebut, sebelum kamu menyesal. Karena biasanya mengakui kesalahan lebih dihargai oleh kekasihmu daripada pura-pura menutupi kesalahan dengan berbohong.

Play/Download Music Bad Liar

  1. Imagine Dragons — Bad Liar
  2. Bad Liar Selow Versi Anna Hamilton

Before you continue reading, it is necessary to underline that what is written is only a reference! so if there are errors in words and delivery methods, please understand! and below the recommendation article for you!

Content Disclaimer!

  • I as the owner of "BlogCaraOcha" thank you to all loyal readers, and those who accidentally stopped by here.

    And I apologize if there are many advertisements on the homepage or in the post.

    After "BlogCaraOcha" is accepted as a Google publisher, Google automatically places all advertisements.

  • If the content on "BlogCaraOcha" has similarities with other sites or blogs, it only provides a reference to each other by spreading the word in a simple article.

    With the aim, all internet visitors can easily and freely which if the article is easy to understand.

    In addition, so that readers can easily find what is on the search, with content that can provide content in surfing the internet!

  • All images posted in the article are not 100% owned by "BlogCaraOcha" but are taken from Google Search.

    So if there are similarities with the images on other sites, it is only for illustration only (to decorate the storyline as outlined in the article).

    For some of the images here, they are purely self-created, with the same purpose as illustration only.

    However, if there are inappropriate images and ask to be removed, please provide more detailed information via the contact at "BlogCaraOcha"

  • For content that discusses the product review or tutorial, if there are errors, please be advised that it may be an error in typing words or lacking in detail reviewing.

    So if there are typos and results that are not appropriate, can provide input where the location of the error or lack, so that the content is immediately deleted or corrected.

    But before submitting, try to see between the date / year the post was published with the current date / year.

    Because it could be other times what the written policy has changed.
  • Berlangganan via Email

    '