Opening and recalling RA Kartini in the history books of Indonesia

DP BBM 23 - Opening and recalling RA Kartini in the history books of Indonesia - selamat pagi dan selamat berjumpa kembali pembaca setia blog DP BBM 23semuanya setelah beberapa jam tadi membahas dan berbagi beberapa untaian Kata Kata Bijak Motivasi Raden Adjeng Kartini Terbaik Sepanjang Masa Dan Terupdate 20 April 2017 dikesempatan kedua ini akan sedikit admin bahas mengenai sejarah singkat RA Kartini dalam rangka menyambut hari Kartini besok .. tapi maaf ya guys jika bahasa inggris nya sulit untuk di fahami .. maklum saja cuma lulusan sekolah TK :D .. Opening and recalling RA Kartini in the history books of Indonesia yang saya maksud "Membuka dan mengingat kembali RA Kartini dalam buku sejarah bangsa Indonesia" ^_^ ..



SEJARAH RA KARTINI – RA. Kartini adalah pahlawan nasional yang sangat berjasa dalam sejarah bangsa Indonesia khususnya kaum wanita .. Dalam masa penjajahan Belanda yang sempat menduduki ibu pertiwi .. kaum wanita pribumi dikesampingkan hak - hak dalam mendapatkan fasilitas pendidikan dan mengemukakan pendapat ..

Namun itu hanya sekelumit dari sejarah hidup dari RA. Kartini .. Lalu apa saja perjuangan hidup yang selama ini diusahakan oleh RA. Kartini ??Berikut adalah sejarah singkatnya ..

1. Biografi Singkat RA Kartini




Kartini lahir dari keluarga priyayi dan memiliki nama panjang Raden Adjeng Kartini .. Ayahnya Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat adalah seorang patih yang diangkat menjadi bupati Jepara .. Ibunya bernama M.A. Ngasirah adalah seorang guru agama di salah satu sekolah di Telukawur, Jepara ..

Jika diurutkan dari asal usul silsilah maka keluarga Kartini yang dari ayahnya merupakan trah keturunan dari Sultan Hamengkubuwono IV .. Keluarga Kartini masih keturunan Sosroningrat dari silsilah kerajaan Majapahit ..

2. Awal Perjuangan RA Kartini




Sejarah perjuangan RA. Kartini berawal saat beliau berumur 12 tahun .. Saat itu beliau ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi namun dilarang oleh orang tuanya ..

RA. Kartini yang lulusan dari Europese Lagere School ( ELS ) sangat fasih dalam berbahasa Belanda sehingga beliau merasa sanggup mengikuti jenjang yang lebih tinggi dengan kemampuan tersebut ..

Namun penjelasan itu tidak dihiraukan oleh ayahnya yang melarang RA.Kartini untuk mengejar cita - cita bersekolah .. Alasannya tidak lain dan tidak bukan karena usia beliau yang sudah 12 tahun menandakan bahwa saatnya untuk dipingit dan segera menikah ..

Saat itu beliau tidak punya pilihan lain selain ikut apa kata orang tuanya yang artinya RA. Kartini harus menjalani pingit ..

3. RA Kartini Dalam Masa Pingit




Selama dipingit itulah beliau menulis surat - surat kepada teman berkirim suratnya yang sebagian besar orang Belanda .. Disitulah beliau kemudian mengenal Rosa Abendanon yang sangat mendukung perjuangan RA. Kartini untuk mendapatkan hak - hak sebagai manusia meski dia perempuan ..

Semetara itu Rosa Abendanon juga sering mengirimkan buku - buku dan surat kabar dari Eropa pada RA. Kartini kecil sehingga pemikirannya menjadi lebih maju .. Dalam surat kabar tersebut memberitakan wanita - wanita Eropa memiliki kedudukan yang sama untuk meraih hak - haknya sedangkan di Indonesia wanita berada pada strata sosial yang amat rendah ..

4. Akhir Pingitan Dan Awal Cita - Cita RA Kartini




Pada saat RA. Kartini berusia 20 tahun beliau sudah menyelesaikan buku -buku seperti De Stille Kraacht milik Louis Coperus, Max Havelaar dan juga Surat -Surat Cinta yang ditulis Multatuli dan Van Eeden, Roman-feminis dari Goekoop de-Jong Van Beek dan Die Waffen Nieder mengenai Roman anti-perang oleh Berta Von Suttner .. Buku - buku bertulisan belanda tersebut membuat beliau makin terbuka pikirannya dan semakin maju ..

Kemudian pada tanggal 12 November 1903 pingitan berakhir dan beliau harus menikah dengan bupati Rembang bernama K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat atas pilihan orang tuanya .. Saat itu RA. Kartini berstatus istri kedua bupati Rembang tersebut .. Meski begitu suaminya sangat mendukung cita - cita beliau dan bahkan memperbolehkan RA. Kartini membangun sekolah khusus wanita ..

5. Akhir Hayat Dan Perjuangan Yang Diteruskan




Selama pernikahannya, RA. Kartini dikaruniai satu putra bernama Soesalit Djojoadhiningrat .. RA. Kartini kemudian menghembuskan nafas terakhirnya empat hari setelah melahirkan .. Beliau wafat pada usia 25 tahun ..

Perjuangan RA. Kartini tidak terhenti bahkan setelah beliau wafat .. Perjuangan tersebut diteruskan oleh sahabatnya Rosa Abendanon yang membukukan surat - surat keduanya menjadi sebuah buku .. Buku itu diberi judul "Door Duisternis tot Licht" yang artinya “Dari Kegelapan Menuju Cahaya" ..

6. Habis Gelap Terbitlah Terang




Buku "Door Duisternis tot Licht" buah pikiran RA. Kartini tersebut diterbitkan pada tahun 1911 dan disebarluaskan di eropa dan kemudian di Indonesia dalam bahasa Belanda .. Pada tahun 1922 buku tersebut diterjemahkan dalam bahasa Melayu oleh Balai Pustaka .. Buku terjemahan tersebut diberi judul “Habis Gelap Terbitlah Terang : Buah Pikiran" ..

Selanjutnya pada tahun 1938, sastrawan Armijn Pane menerbitkan terjemahan dalam judul “Habis Gelap Terbitlah Terang" yang berisi lima bab cara berpikir RA. Kartini ..

Kata Kata Bijak Motivasi Raden Adjeng Kartini Terbaik Sepanjang Masa Dan Terupdate 20 April 2017Kata Kata Bijak Motivasi Raden Adjeng Kartini Terbaik Sepanjang Masa Dan Terupdate 20 April 2017
DP BBM 23 - Kata Kata Bijak Motivasi Raden Adjeng Kartini Terbaik Sepanjang Masa Dan Terupdate 20 April 2017 - selamat pagi dan selamat berjumpa kembali sahabat setia pembaca blog DP BBM 23 semuanya .. salam santun dan salam sejahtera .. setelah kemarin pagi membahas dan berbagi mengenai Back To School Mengenang Dan Memperingati Hari Lahir 21 April dike...View More

nah, itulah tadi guys .. seputar Opening and recalling RA Kartini in the history books of Indonesia yang dapat admin blog DP BBM 23 bagikan di kesempatan pagi ini .. jika sobat ingin lebih dalam mengetahui sejarah RA Kartini silahkan sobat buka kembali buku sejarah nya .. namun disini saya tidak dapat merekomendasikan buku sejarahnya yang dapat merincikan secara detail mengenai sejarah RA Kartini .. namun apa yang saya paparkan disini mengenai sejarah singkat RA Kartini ini .. semoga dapat bermanfaat dan membantu bagi sobat yang belum tau sama sekali ataupun bagi sobat yang lupa ..



Before you continue reading, it is necessary to underline that what is written is only a reference! so if there are errors in words and delivery methods, please understand! and below the recommendation article for you!


Content Disclaimer!

  • I as the owner of "BlogCaraOcha" thank you to all loyal readers, and those who accidentally stopped by here.

    And I apologize if there are many advertisements on the homepage or in the post.

    After "BlogCaraOcha" is accepted as a Google publisher, Google automatically places all advertisements.

  • If the content on "BlogCaraOcha" has similarities with other sites or blogs, it only provides a reference to each other by spreading the word in a simple article.

    With the aim, all internet visitors can easily and freely which if the article is easy to understand.

    In addition, so that readers can easily find what is on the search, with content that can provide content in surfing the internet!

  • All images posted in the article are not 100% owned by "BlogCaraOcha" but are taken from Google Search.

    So if there are similarities with the images on other sites, it is only for illustration only (to decorate the storyline as outlined in the article).

    For some of the images here, they are purely self-created, with the same purpose as illustration only.

    However, if there are inappropriate images and ask to be removed, please provide more detailed information via the contact at "BlogCaraOcha"

  • For content that discusses the product review or tutorial, if there are errors, please be advised that it may be an error in typing words or lacking in detail reviewing.

    So if there are typos and results that are not appropriate, can provide input where the location of the error or lack, so that the content is immediately deleted or corrected.

    But before submitting, try to see between the date / year the post was published with the current date / year.

    Because it could be other times what the written policy has changed.
  • '